ZOHO, Startup Bootstrap Yang Patut Ditiru

Zoho, sebuah startup yang berasal dari India, telah berhasil meraih kesuksesan dengan tetap setia pada tujuannya daripada hanya berfokus pada keuntungan. Simon Sinek melalui novelnya berjudul "Start with Why" yang merupakan best seller di seluruh dunia dan tetap sangat populer selama lebih dari satu dekade, membahas mengapa beberapa perusahaan lebih berinovasi dan sukses daripada yang lain, dan mengapa mereka terus menerus dapat mengulangi kesuksesan. Apa resep sukses bisnis mereka? Jawaban sederhananya: “Karena dalam bisnis, bukan soal apa yang Anda lakukan, namun yang lebih penting adalah mengapa Anda melakukannya.”
Modal sejati Zoho yaitu meliputi budaya, keterampilan, dan dedikasi bersama orang-orang yang membentuk organisasi Zoho. Untuk menjalankan perusahaan yang sukses, penting untuk tidak terjebak pada inti bisnis Anda, karena bukan ini yang menginspirasi orang. Tujuan dan budaya Anda menginspirasi loyalitas.

Read More
Zoho telah mendefinisikan pemahaman yang lebih luas tentang modal. Secara langsung, Zoho menjual software bisnis. Namun, bukan itu yang mendorong mereka sebagai sebuah organisasi. “Zoho juga mencakup definisi modal perusahaan secara luas, yang jauh melampaui neraca dan buku besar aset kami.” ucap CEO Zoho, Sridhar Vembu.
Seperti yang novel Sinek sarankan, “karyawan yang terinspirasi akan membuat perusahaan lebih kuat dan ekonomi lebih kokoh.” Di Zoho, mereka memastikan nilai-nilai diterapkan ke dalam struktur seluruh perusahaan. Dalam semangat kemitraan dengan tujuan jangka panjang kesuksesan bersama bagi perusahaan dan pelanggan, Zoho ingin menjaga agar produknya tetap terjangkau. “Jika pengguna kami berkembang, kami juga akan berkembang,” kata Vembu. “Jika mereka tumbuh, kami juga akan tumbuh. Ketika kesopanan lebih penting daripada keuntungan, ini akan terlihat jelas dalam budaya perusahaan Anda, dalam hubungan pelanggan Anda, dan dalam bagaimana serta mengapa Anda membuat keputusan besar.”
Sebagai pemilik bisnis, apakah Anda benar-benar tahu mengapa pelanggan memilih brand Anda dan mengapa karyawan Anda bekerja untuk Anda? Jika Anda tidak mendapat jawaban yang jelas, sekarang saatnya untuk mengevaluasi kembali tujuan bisnis Anda. Banyak bisnis tidak dapat mencapai kesuksesan karena mereka membuat keputusan berdasarkan asumsi yang salah tentang apa yang mendorong kesuksesan mereka. Penting untuk diingat bahwa orang tidak membeli apa yang Anda lakukan. Mereka membeli “kenapa” Anda melakukannya.
Pelanggan membeli Zoho karena mereka berbeda. Zoho menghadirkan sentuhan manusia, sebuah koneksi nyata dalam dunia online. Zoho membangun hubungan dengan pelanggan dan karyawannya hingga mereka menjadi anggota keluarga Zoho. Mereka menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar daripada teknologi itu sendiri. Kita semua membentuk ekosistem terintegrasi yang meningkatkan ekonomi di seluruh dunia.
Menyelaraskan dengan filosofi Sinek, melihatnya dari perspektif biologis dan berdasarkan evolusi perilaku manusia, orang-orang tertarik pada organisasi yang mampu membuat mereka merasa menjadi bagian dari organisasi itu. Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan setia, Anda harus memenangkan hati mereka sebelum memenangkan pikiran mereka. Dan itulah mengapa Anda harus mulai bisnis dengan alasan Anda.
Penelitian menunjukkan, orang yang datang untuk bekerja dengan tujuan yang jelas cenderung tidak mudah menyerah, karena misi yang kuat memotivasi mereka. Di Zoho, mereka bersemangat untuk mengembangkan imajinasi, mendobrak batasan, dan mencapai level baru lewat produknya.
Untuk mencapai terobosan dalam teknologi, karyawan Zoho menantang diri mereka sendiri. Itu berarti bangkit dari setiap kesalahan dan memilih belajar dari kegagalan untuk meningkatkan diri dan tumbuh. Seperti yang dijelaskan Sinek, jika karyawan mengadopsi pola pikir yang sama dengan organisasi, mereka akan bekerja ekstra “untuk mengeksplorasi, mencipta, berinovasi, maju, dan yang lebih penting, melakukannya lagi dan lagi dan lagi.” Justru dedikasi dari karyawan Zoho inilah yang membuat Zoho sukses.
———————————————
Connect with Nakama.id:
Website: https://nakama.id
Instagram: @nakama.program
Linkedin: nakamaprogram
Youtube: Nakama ID
For further inquiries please email us at program@nakama.id